Distribusi Produk Lokal untuk Pembangunan Ekonomi Nasional

Dalam program penggerakan Ekonomi Nasional dinilai penting untuk dapat melakukan distribusi di seluruh kawasan Indonesia. Negara archipelago dengan lebih dari 16.000 pulau ini menjadikan distribusi produk sebagai salah satu tantangan untuk penggerakan ekonomi. Namun dengan adanya arsitektur saat ini menjadikan proses tersebut menjadi lebih mudah.

Distribusi produk ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Ada beberapa faktor sebuah produk dibutuhkan pada suatu daerah. Bisa karena produk tersebut tidak dapat dihasilkan di sana atau banyaknya permintaan yang ada di sana.

Produk pangan merupakan salah satu komoditi yang sering kali dibutuhkan, mulai dari bahan pokok seperti beras, gula, telur atau produk pangan lain seperti buah-buahan.  

UD Zakky Agro Jaya merupakan salah satu badan usaha yang sering kali melakukan pendistribusian bahan pangan komoditi buah-buahan yang ada di kota Samarinda.

Ada berbagai buah tropis yang didistribusikan oleh UD Zakky Agro Jaya di Samarinda diantaranya buah jeruk, mangga dan apel. Badan usaha yang memiliki basis di kota Samarinda ini secara rutin mengirimkan hasil panennya dari kebun mereka yang ada di kota batu minimal 2 kali dalam 1 minggu.

Proses Distribusi Buah

Pengiriman mengikuti jadwal keberangkatan kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI). PELNI melaksanakan pelayaran dari Surabaya ke Balikpapan 1 kali dalam 2 hari melalui pelabuhan kalimas menuju ke pelabuhan semayang.

Buah dipanen 2 hari sebelum proses keberangkatan kapal, karena perjalanan dari batu menuju kota Surabaya memakan waktu hingga 3 jam. Selain itu ada beberapa proses sebelum pengiriman, seperti pemilihan produk unggulan dan juga pengemasan. Persiapan yang matang sebelum keberangkatan ini juga menjadi faktor utama penentu terjaganya kualitas produk hingga sampai di kota tujuan.

Setelah produk sampai di pelabuhan kalimas dan jadwal booking kapal telah di tentukan selanjutnya kapal akan mulai berlayar. Pada umumnya untuk pelayaran dari pelabuhan kalimas ke pelabuhan semayang memakan waktu hingga 30 jam perjalanan laut.

Setelah sampai pelabuhan semayang selanjutnya produk akan diberangkatkan dari kota Balikpapan ke kota Samarinda. Sesampainya di kota Samarinda UD Zakky Agro Jaya siap untuk melakukan proses pemasaran produk.

Kerjasama dengan perusahaan forwarder untuk Ekonomi Nasional

Dari proses di atas diketahui ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam sebuah distribusi buah, mulai dari pemanenan hingga barang di terima oleh konsumen. Hal ini akan sulit dilakukan oleh pengusaha apabila seluruh rangkaiannya dilakukan secara mandiri.

Untuk melakukan distribusi mandiri pengusaha harus memiliki truk, sopir, menyewa kapal sendiri hingga menyiapkan kuli yang mengangkut. Untuk mempermudah proses distribusi ini UD Zakky Agro Jaya menggunakan layanan Inland Transport yang dimiliki oleh PT Multiguna Internasional Persada (MIP).

UD Zakky Agro Jaya cukup menginformasikan kepada tim marketing MIP bahwa akan melakukan pengiriman buah. Selanjutnya MIP akan menangani seluruh proses distribusi mulai dari penjemputan hingga barang sampai di kota tujuan.

Dengan memanfaatkan layanan dari perusahaan forwarder, distribusi juga dapat dilakukan lebih cepat dan profesional. Selain itu pengusaha dapat menghemat banyak waktu dan biaya sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan usahanya.

Kerja sama yang baik antara pengusaha dan forwarder dalam melakukan distribusi ini diharapkan dapat mempercepat proses berkembangnya ekonomi secara nasional.

Tinggalkan Balasan

Related Post

%d blogger menyukai ini: